BAHAN KAIN BATIK POLYESTER

PENGERTIAN POLYESTER

Apa Itu Polyester sebenarnya? Bahan ini lebih dikenal sebagai kain sintetis. Sintetis disini berarti bahwa bahan ini tidak tumbuh secara alami atau tidak tersedia secara bebas di alam layaknya cotton, woll, atau serat lainnya yang tersedia secara alami.

Namun sebelumnya perlu sobat ketahui, bahan polyester penggunaannya sangat luas, tidak hanya ditemui di berbagai jenis pakaian jadi saja, namun perabot rumah tangga dan industri juga nyatanya banyak yang menggunakan bahan sintetis yang satu ini. Seperti kaos, kemeja, gaun, jas, jacket, pakaian olah raga, selimut, seprai, dan kami pun menggunakannya sebagai bahan baku dalam membuat batik.

PERBEDAAN POLYESTER DAN RAYON

Kain berbahan polyester sudah barang tentu terbuat dari serat polyester. Serat polyester adalah serat buatan sama halnya seperti rayon. Cuman yang membedakan diantara keduanya adalah bahan untuk membuat seratnya berasal dari bahan yang berbeda. Kalau Polyester umumnya berasal dari petroleum atau minyak bumi, sedangkan rayon berasal dari selulosa yang biasa terdapat pada tumbuhan.

Serat Polyester dibuat menggunakan serangkaian reaksi kimia yang panjang nan rumit, yang mana dibuat dari petroleum/minyak bumi, batu bara, udara dan air. Reaksi antara petroleum atau minyak bumi dengan produk sampingan seperti alcohol dan carboxyl acid yang mana senyawa tersebut disebut dengan istilah “a monomer” atau “ester” ini berlangsung pada suhu tinggi dalam ruang hampa, yang mana disebut dengan istilah polimerisasi.

Singkatnya, dari hasil proses panjang tersebut didapatlah material polyester yang nantinya akan diproses lagi untuk menghasilkan serat panjang nan halus, yang mana biasa disebut dengan istilah filamen.

KELEBIHAN KAIN POLYESTER

Bahan polyester ini diciptakan melalui proses kimia dengan kelebihan yang didapatkannya adalah:

  • Bahan ini dikenal tahan lama, tidak mudah kusut, dan lebih cepat kering saat dijemur.
  • Poliester lebih tahan terhadap berbagai bakteri, tahan air (water-resistant) dan juga tidak mudah susut ataupun melar.
  • Bahan ini cocok digunakan pada ruangan ber-AC atau di negara yang mempunyai suhu cukup dingin.
  • Kelebihan lainnya adalah polyester tahan terhadap pencucian kimia atau dry cleaning maupun pelarut organik.
  • Karena kemampuannya bertahan terhadap bakteri dan jamur, bahan yang mudah perawatannya ini juga merupakan bahan favorit untuk dipakai pada bantal, guling ataupun selimut.

KEKURANGAN KAIN POLYESTER

Kekurangan bahan polyester ini antara lain:

  • polyester juga memiliki kelemahan yaitu tidak bisa menyerap keringat sehingga terasa panas saat digunakan di cuaca yang panas. Oleh karena itu penggunaannya banyak pada ruangan-ruangan yang dingin atau ber-AC.
  • Walaupun serat poliester itu halus dan licin namun serat ini juga dapat mengakibatkan iritasi kulit bagi sebagian pemakai.
  • Bahan poliester juga mudah terbakar, sama seperti kebanyakan bahan kain sintesis lainnya karena bahan bahan tersebut terbuat dari polimer.
  • tidak bisa meresap keringat dan bagi yang mempunyai kulit sensitif dan muda alergi, bahan polyester fiber ini dapat mengakibatkan iritasi kulit.

“Kami Batikklasik Tjap Sembilan Bintang menggunakan Bahan kain batik polyester sesuai menu di website kami untuk menghasilkan kualitas yang maksimal dengan harga yang bersahabat untuk para pelanggan kami , jadi jangan ragu untuk memilih bahan kain yang sesuai dengan budget anda, kami berpengalaman selama bertahun-tahun telah menghasilkan karya-karya batik untuk masyarakat indonesia terutama dalam batik tulis

 

 

Kami sudah berpengalaman dalam dunia perbatikan jadi tidak perlu
meragukan kinerja ataupun kualitas produk kami anda dapat memesan batik kami
dengan menghubungi kami di nomor MUNDARSO 0821-3939-2345,
Anda juga bisa melakukan pemesanan secara custom
sesuai  motif yang anda inginkan
dengan harga yang murah dan berkualitas untuk informasi lanjut silahkan hubungi ,

kami siap melayani anda 24jam

“Kualitas adalah Budaya”