SEJARAH BATIK COLET

sejarah tentang batik Teknik batik colet adalah dengan menorehkan lilin berwarna (panas/cair)melalui canting tulis (bisa juga kwas) langsung ke media (kain katun),besar kecilnya canting/kwas tergantung kerumitan motif yang akan di gambar. Proses pembuatan batik tulis warna(colet) ini hampir sama dengan melukis di kanvas. Hasil karya dari batik colet sangat di pengaruhi oleh cita rasa, kreatifitas dan ketelatenan (skill) maupun kombinasi warna dari pelukis batik ini. Ketika semakin kecil,rumit dan detil gambar(warna) yang di hasilkan oleh pelukis batik, dengan sendirinya akan semakin tinggi nilai seni dan nilai jual dari batik colet ini(jangan heran kalau anda melihat harga sebuah karya batik dengan harga yang begitu mencengangkan).

mempermudah untuk mencapai pewarnaan yang dikehendaki sehingga setiap detail motif hias dapat dilukis dengan sempurna sesuai dengan yang dikehendaki. Teknik melukis warna melalui sapuan kuas (colet) bukan sesuatu yang baru. Teknik semacam iniberkaitan dengan kerajinan tangan (terutama kerajinan sutra dan perselin) di Cina pada masa kekaisaran Ming.

Dalam mata rantai perdagangan, bahan warna yang berupa indigosol, India merupakan Negara pemasol utama bagi Cina. Bahan pewarna kain ini pada masa dinasti Ming didatangkan dari India. Menurut Ruffear, jalur perdagangan bahan pewarna tekstil mengikuti jalur lama, yaitu dari India ke Indonesia dan dari Indonesia ke Cina. Begitu pula sebaliknya.

Daerah Batik Colet

Batik dengan teknik colet ini dapat disebut juga sebagai ciri khas dari batik yang berasal dari daerah Pekalongan. Batik yang berasal dari daerah Pekalongan ini telah terkenal sebagai batik yang memiliki sorot atau kepala dengan menggunakan warna dasar yang berbeda. Dalam pembuatan baju batik dengan teknik colet ini diperlukan dua kali pencelupan kain yang akan di batik dengan menggunakan warna dasar.

Dalam setiap proses ketika kain dicelupkan, diharapkan warna dasar dapat menutupi bagian lain yang memiliki warna dasar yang berbeda. Dengan dilakukan nya proses ini akan membuat kain baju batik tersebut mendapatkan dua kali proses pelorodan dan juga mendapatkan dua kali proses penutupan. Batik yang berasal dari daerah Pekalongan cukup terkenal dengan baju batik yang memiliki warna yang banyak, motif batik colet

 

Kami sudah berpengalaman dalam dunia perbatikan jadi tidak perlu
meragukan kinerja ataupun kualitas produk kami anda dapat memesan batik kami
dengan menghubungi kami di nomor MUNDARSO 0821-3939-2345,
Anda juga bisa melakukan pemesanan secara custom
sesuai  motif yang anda inginkan
dengan harga yang murah dan berkualitas untuk informasi lanjut silahkan hubungi ,

kami siap melayani anda 24jam

“Kualitas adalah Budaya”